Monday, 5 September 2016

Jamur Crispy


  
Pasti teman-teman sudah tak asing lagi sama yang namanya jamur crispy. Camilan yang sempat booming beberapa tahun lalu. Dulu di depan gerbang kost ada yang jualan jamur crispy dengan berbagai varian rasa, ada barbeque, keju dan pedas. Harganya relatif murah sekitar 3 ribu sampai 5 ribu rupiah per kantongnya. Memang ukuran kantongnya ngga terlalu besar, cukuplah untuk camilan anak kost sembari nonton tv hehe ... 

Kebetulan kemarin aku kepasar sore, niatnya sih cari kepiting thok tapi pas lihat jamur putih bersih baru turun dari mobil langsung deh ambil kantong belanjaan dan masukin terus kasih ke abangnya untuk ditimbang. Saking asiknya lihat-lihat sayuran yang lain, ngga sadar ternyata aku beli 1 kg jamur tiram hohoho .... Setelah sampai rumah baru ngeh kok banyak banget belinya. Sambil masukin kulkas mbatin yo weslah ngga apa-apa, nanti juga pasti kemasak ^_^ 

Nah tadi pagi setengahnya aku bikin jamur crispy dan jadinya lumayan banyak ternyata, ya iyalah jamur setengah kilo gitu lho hehe ... Aku bikinnya simple aja, ala Mamaku kalau nggoreng udang atau teri. Jadi hanya dilapisi telur yang dikocok dengan garam, merica dan bawang putih bubuk. Kemudian dibaluri dengan tepung langsung deh digoreng. Setelah matang sekilas penampilannya mirip fried chicken ya  hihi ... yang pasti bikin lidah ngga mau berhenti bergoyang alias ngunyah terus ^_^

Jamur crispy ini memang cocoknya dibikin mendadak saat akan disuguhkan. Soalnya kalau sudah agak lama crispynya mulai hilang, walaupun secara rasa masih tetap enak tapi tetap aja ya kurang asik kalau udah ngga kriuk-kriuk lagi di mulut. Nah biasanya kalau kriuknya udah hilang aku oven lagi. Kayak yang kubuat ini, karena bikinnya banyak jadi masih ada sisa, malamnya pas mau disuguhkan lagi aku oven 45 menit dengan suhu 80 derajat C. Hasilnya jamur crispy kembali kemriuk dan hasilnya ludes des des tak bersisa ^_^


Jamur Tiram


Barangkali teman-teman ada yang belum tahu wujud dari jamur tiram, ini dia penampakannya seperti foto diatas. Warnanya putih dan bentuknya lebar dan berserat seperti tiram. Pada dasarnya semua jamur memiliki kandungan air yang tinggi dan mudah sekali membusuk. Begitu juga dengan jamur tiram ini, makanya pas beli harus benar-benar pilih yang warnanya bersih dan masih putih, dan jangan lupa pilih yang kering juga. Dan perlu diingat juga jika kita membeli jamur dalam jumlah yang banyak, saat akan disimpan JANGAN DICUCI. Jadi cucilah jamur saat akan diolah. 

Khusus untuk membuat jamur crispy ini. setelah dicuci jamur sedikit diperas atau di tekan-tekan agar kandungan airnya berkurang. Biasanya setelah di cuci dan diperas aku tiriskan lagi, biar hasilnya benar-benar garing. 

Ini resep yang aku pakai dalam membuat jamur crispy kali ini, tapi aku tulisnya per 250 gr aja ya, biar ngga kebanyakan hihihi ....teman-teman mau mencoba ? monggo ....


Jamur Crispy
by Dapoer Lys

Bahan : 
  • 250 gr Jamur tiram
  • Minyak, untuk menggoreng

Bahan Pelapis Kering : 
  • 100 gr Tepung terigu
  • 50 gr Tepung maizena
  • Sejumput garam

Bahan Pelapis Basah :
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Bawang putih bubuk
  • 1/8 sdt Merica bubuk

Cara Membuat : 
  • Cuci bersih jamur tiram, kemudian tiriskan sambil diperas agar kadar airnya berkurang.


  • Aduk rata bahan pelapis basah, kemudin celupkan satu persatu jamur yang sudah ditiriskan.


  • Kemudian gulingkan jamur kedalam bahan pelapis kering sampai rata sambil sedikit ditekan.


  • Panaskan minyak tapi jangan terlalu panas juga, jadi sedang saja panasnya. Kemudian goreng jamur sampai kuning keemasan.





Note : 
  • Jika jamur crispy sudah tidak kemriuk lagi, bisa dioven dengan suhu kecil sekitar 30 - 45 menit.
  • Bisa ditambahkan 1/2 sdt baking powder pada bahan pelapis kering (otional)
  • Pilih jamur tiram yang kering, dan masih berwarna putih bersih.





Happy cooking and enjoy ^_^ 



Saturday, 3 September 2016

Asem Asem Udang




Masakan yang satu ini dijamin bikin seger, apalagi pas banget dengan cuaca Jakarta yang cetar membahana. Asem asem udang, rasanya nano nano ada pedasnya, manisnya dan pastinya asem alias kecut. Tapi asemnya bikin nagih lho ^_^ 

Thursday, 1 September 2016

Chicken Katsu with Teriyaki Sauce



Masih dengan masakan khas Jepang. Kemarin waktu posting chicken teriyaki aku sempat menyinggung tentang chicken katsu. Terus ada teman yang tanya resep chiken katsu yang biasa aku bikin. Ok deh, mumpung belum bosan dengan menu khas Jepang, hari ini aku masak chicken katsu biar sekalian didokumentasikan dan dishare diblog :) 

Wednesday, 31 August 2016

Simple Chicken Teriyaki





Ayam teriyaki adalah salah satu masakan khas Jepang dan banyak sekali tersedia di resto-resto Jepang di Indonesia khususnya di Jakarta. Rasanya hampir disetiap mall ada resto Jepang dan selalu ramai dikunjungi. Dulu saat masih menyandang status sebagai anak kost, aku sering sekali delivery order ke salah satu resto Jepang dan hampir dipastikan selalu ada masakan teriyaki, entah itu ayam atau beef, ganti-ganti aja tergantung selera saat itu. Padahal kalau mau masak sendiri gampang banget dan jauh lebih murah pastinya. Harap maklum ya teman-teman, namanya juga anak kost jadi pasti carinya yang praktis dan cara yang paling praktis adalah tinggal pencet no telpon hehehe ....

Tuesday, 30 August 2016

Mocha Spicy Nut Cake



Apa kabarnya teman-teman ? satu bulan sudah ternyata aku menghilang dari peredaran hehe ... bulan ini menjadi bulan yang sangat istimewa karena banyak sekali hal yang harus diselesaikan. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan, sehat jasmani dan rohani pastinya, supaya tetap positif menjalani hidup :) 

Monday, 1 August 2016

Bolognese Sauce Homemade



Kembali mengulas pasta, tapi kali ini tentang pelengkapnya yakni bolognese sauce. Saus bolognese, saus paling populer di Indonesia dikalangan pecinta pasta, contohnya aku hehe ... Sebenarnya di kota asalnya Bologna, saus ini sebagai pelengkap Tagliatelle. Tapi oleh orang-orang diluar Italia justru sering sekali dipadukan dengan spaghetti dan lasagna. Ada juga yang memadukannya dengan macaroni, fettucini atau jenis pasta lainnya. Walaupun mungkin oleh orang Italia dianggap aneh, yang penting judulnya enak ya hihihi ... ^_^ 

Friday, 29 July 2016

Steam Nila Bumbu Bali



Kembali dengan olahan ikan nila. Masih ingatkan dengan ikan nila segar yang aku beli di pasar Kebayoran Lama minggu lalu ? Kalau beberapa hari yang lalu aku masak mangut ikan nila, nah sisanya yang 2 ekor aku masak steam ikan nila. Biasanya steam / tim ikan dimasak menggunakan bumbu oriental, tapi kali ini aku masak menggunakan bumbu bali. Selain penampakannya yang menggairahkan, rasanya menurut lidahku juara deh ^_^